Pantai sendiki adalah salah satu pantai terbaik di malang

Malang merupakan destinasi wisata yang terkenal dengan banyak pilihan. Hampir semua jenis objek wisata ada di sini. Dari wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi hingga wisata misterius. Destinasi wisata paling populer di Malang adalah wisata pantai. Malang memiliki garis pantai yang panjang, membentang hampir 77 kilometer. Salah satunya adalah Pantai Sendiki.

Menurut data Pemerintah Kabupaten Malang, Kabupaten Malang memiliki 14 pantai yang dikelola bersama antara pemerintah kabupaten dan masyarakat sekitar. Bagi yang suka ke pantai tapi tidak ingin dipadati wisatawan lain. Bagi yang suka pantai tapi bosan di tempat yang sama. Bagi mereka yang suka mengambil resiko dan mengharapkan tantangan dan kemudian mendapatkan keindahan alam yang mempesona. Coba Pantai Sendiki.

Pantai di selatan Malang ini menyediakan semua itu. Pantai pasir putih yang indah dan menawan, namun tenang, butuh kerja keras untuk mencapainya. Pantai Sendiki memiliki keindahan yang mempesona, dan yang terpenting masih asri, bersih dan SEPI. Pantai pasir putih yang luas dan sebagian pantai berbatu menjadikan pantai ini tempat yang nyaman untuk melepas segala penat.

Baca juga : Ini Yang Harus Diperhatikan Saat Liburan Di Era Pandemi Covid-19

Seperti pantai lain di selatan Jawa, ombaknya yang megah dan kencang tidak cocok untuk berenang. Namun sekedar mengambil air dan bercengkerama di pantai tetap bisa dilakukan. Hal lain yang membuat pantai ini menarik dan membuat Anda betah adalah hutan lebat yang mengelilingi pantai. Hal tersebut menjadikan lingkungan sekitar pantai tidak terlalu panas, yang berbeda dengan pantai lainnya yang hanya terdapat semak belukar disekitar pantai.

Butuh layanan persewaan mobil yang Murah? Rivawidyatrans.com menyediakan jasa persewaan mobil malang. Untuk informasi lebih lanjut, klik link “sewa mobil malang“.

Menurut warga sekitar, pantai ini pernah ditemukan oleh 4 orang sahabat sebelumnya. Tiga dari mereka sepakat untuk membagi lahan dengan menandai area tersebut dengan tiang kayu. Di saat yang sama, orang terakhir bernama Mbah Singo Lelono bingung memilih daerahnya. Lalu, dia bertanya pada ketiga temannya “Punyaku Seng Ndi Iki?”.

Travel malang juanda Murah? Rivawidyatrans.com menyediakan paket travel malang juanda. Untuk informasi lebih lanjut, klik link “travel malang juanda“.

Akhirnya, Mbah Singo Lelono mengganggunya dan memasang taruhan di pantai yang saat ini dikenal dengan Pantai Sendiki. Tidak peduli ceritanya benar, tidak ada yang bisa memastikan. Namun jika berjalan ke sisi kiri pantai, Anda akan menemukan kuburan batu bertuliskan “Singo Lelono” yang terukir di atasnya yang dianggap sebagai nenek moyang oleh penduduk setempat.

Baca juga : Melihat Keindahan Air Terjun Coban Rais

Lokasi Pantai Sendiki Kabupaten Malang

Pantai Sendiki terletak di Desa Tambakrejo di Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Pantai ini berbatasan dengan Pantai Tamban (terpisah sekitar 2 kilometer). Maka dari itu, jika datang ke Tambakrejo, Anda bisa mengunjungi 2 pantai sekaligus. Dari pusat kota Malang, resor ini berjarak 68 kilometer dengan 2 jam berkendara.

Ingin jalan jalan ke bromo? Rivawidyatrans.com menyediakan Paket wisata bromo murah . Untuk informasi lebih lanjut, klik link “Paket wisata bromo“.

Tidak ada angkutan umum untuk mencapai Pantai Sendike. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk mengaksesnya adalah dengan menggunakan mobil pribadi. Jika Anda memulai dari Malang maka rute yang Anda gunakan adalah Malang ke Pakisaki. Dari Pakishaji, terus menuju Kepanjen, lalu menuju Gondanglegi. Dari sini lanjutkan ke Tulum menuju Sumbermanjing Wetan. Dari Sumbermanjing Wetan, Anda bisa menyusuri Pantai Tamban yang ada di kawasan Tambakrejo.

Tiba di kawasan pantai Tamban dan lanjutkan menyusuri jalan ini hingga menemukan pertigaan. Di jalan bercabang, berkendara ke kiri. Tak jauh dari pertigaan, ada tumpukan bambu kamling. Dari pilar yang menonjol ini, pilih jalur di sebelah kanan. Tantangan utama menuju Pantai Sendiki dimulai dengan pos kamling ini, karena jalan yang akan dilalui hanya cocok untuk sepeda motor.

Oleh karena itu, mereka yang menggunakan mobil harus meninggalkan mobilnya di rumah warga. Selain hanya dilalui sepeda motor, kondisi jalan raya juga sampai batas tertentu rusak, bahkan di beberapa tempat masih terdapat tanah merah berlumpur yang licin saat musim hujan. Setelah berjalan kurang lebih 3 kilometer, Anda akan sampai di Pantai Sendiki.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Sendiki

Setiap pengunjung Pantai Sendai akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 5.000 ditambah biaya parkir Rp per orang. 5.000 per sepeda motor (Rp 10.000 jika Anda menginap).

Fasilitas Pantai Sendiki

Sebagai objek wisata baru (dibuka untuk umum tahun 2015), pemerintah desa setempat masih mengelolanya. Meski begitu, memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, musholla, pemandian umum, tempat perkemahan dan warung komunitas yang menjual makanan dan minuman, semuanya tertata rapi.

Masyarakat sekitar pun bergotong royong menjaga dan mempercantik Pantai Sendiki. Ada gardu jaga, ayunan kayu dan paviliun sebagai tempat berteduh. Bahkan saat ini, para penjaga pantai menyediakan akomodasi berupa gubuk-gubuk di atas pepohonan di sekitar pantai.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat